Senin, 21 Januari 2019

RPP Mapel TIK Kelas 7 Semester 2



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar
:
3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer.
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan ( 2 x 40 menit )

A.  Tujuan Pembelajaran
Disediakan seperangkat komputer, peserta didik dapat:
      - menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dengan tepat.
      - menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan


v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
Perangkat keras ( Hardware )
·         Alat input
·         Alat proses
·         Alat output
·         Media penyimpan

C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
      Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi


            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik melihat media tentang perangkat keras
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
F  Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
F  Peserta didik mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

Pertemuan kedua
           1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik  melihat media tentang perangkat keras
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat  output.
F  Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat  penyimpan
F  Peserta didik mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

E.  Sumber Belajar
Seperangkat komputer, buku petunjuk praktek, LKS.

F.  Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
Ø  Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
Ø  Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
Ø  Mengidentifikasi media penyimpan data.
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tes identifikasi

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input!

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat proses!

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output!

Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan!
                                        

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi
:
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar
:
3.2.Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan ( 2 x 40 menit )

  1. Tujuan Pembelajaran
Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah kata dengan tepat.
·         Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah angka dengan tepat.
·         Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah grafis dengan tepat.
·         Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah presntasi/multimedia dengan tepat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

  1. Materi Pembelajaran
     Perangkat lunak aplikasi (Application Software)

  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
            Model Cooperative Learning

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah angka
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah angka.
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata dan pengolah angka.

Pertemuan kedua
             1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah presentasi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis dan program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.

  1. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximile, multi media dll.), buku petunjuk praktek, lembar kerja, dsb.

  1. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata

Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
Ø  Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi-media
Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)
Tes identifikasi


Tes identifikasi


Tes identifikasi


Tes identifikasi

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah kata yang terinstal di komputer!

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah angka yang terinstal di komputer!

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis yang terinstal di komputer!

Tunjukkanlah perangkat  lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi media yang ter-install di komputer!
                                          

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi
:
3.   Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar
:
3.3 Memahami kegunaan dari beberapa program  
       aplikasi
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
·         Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata dengan tepat dan benar
·         Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka dengan tepat dan benar
·         Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis dengan tepat dan benar
·         Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa  contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi/multimedia

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Kegunaan program aplikasi.

C.     Metode Pembelajaran
      Pendekatan CTL Model Cooperative Learning

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan pertama :
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi berbasis pengolah kata.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi berbasis pengolah angka
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah kata .
F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah angka.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik mendiskusikan hasil tayangan tersebut
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang kegunaan beberapa program aplikasi pengolah kata dan program aplikasi pengolah angka.
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
         
         Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi pengolah grafis.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah grafis.
F  Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi pengolah grafis.
F  Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
F  Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah grafis pada tampilan monitor.
F  Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah presentasi / multimedia pada tampilan monitor.
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E.   Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F.   Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata

Ø  Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka

Ø  Menyebutkan  berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  pengolah grafis




Ø  Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi  presentasi/ multimedia
Tes tertulis




Tes tertulis




Tes tertulis







Tes tertulis




Uraian/




Uraian




Pilihan ganda






Uraian
Sebutkanlah kegunaan program pengolah kata!



Sebutkanlah kegunaan program pengolah angka!



Program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat poster merupakan program pengolah ....
a.       kata
b.      angka
c.       grafis
d.      presentasi

Sebutkanlah kegunaan program presentasi!

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi
:
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar
:
3.4. Mempraktikkan satu program aplikasi.
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan (2 x 40 menit)

A.  Tujuan Pembelajaran
Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada taskbar dengan tepat.
  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada desktop dengan tepat.
  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar dengan tepat.
  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop dengan tepat.
  • Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mempraktikkan satu program aplikasi.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
Menu dan shortcut program aplikasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya tentang kegunaan program aplikasi.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada desktop dengan tepat.
F  peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar dengan tepat.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik mementuk kelompok
F  Mengidentifikasi menu pada taskbar.
F  Mengidentifikasi menu pada desktop
F  Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar
F  Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop
F  Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
F  Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada taskbar.
F  Mengakhiri penggunaan program
F  Mematikan komputer dengan prosedur yang benar
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran menu dan shortcut program aplikasi.

Pertemuan Kedau
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kembali pembelaaran sebelumnya tentang mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada taskbar.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop dengan tepat.
F  peserta didik dapat mempraktikkan satu program aplikasi.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik mementuk kelompok
F  Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
F  Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada desktop.
F  Mengakhiri penggunaan program
F  Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran praktik membuka satu program aplikasi melalui menu pada desktop.

  1. Sumber Belajar
Perangkat komputer
Buku paket
Lembar kerja peserta didik
          
F.  Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifkasi menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop

Ø  Mempraktikkan  satu program aplikasi
Tes praktik (kinerja)


Tes
Unjuk kerja

Tes identifikasi


Tes uji kerja
Tunjukkanlah menu dan shortcut program aplikasi pada taksbar dan desktop!

Aktifkanlah salah satu program aplikasi yang terinstall di komputer!



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................




0 komentar:

Posting Komentar