RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 2 (dua)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen
perangkat keras komputer.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x pertemuan ( 2 x 40 menit )
|
A. Tujuan Pembelajaran
Disediakan seperangkat komputer, peserta didik dapat:
- menunjukkan perangkat keras yang
berfungsi sebagai alat input dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang
berfungsi sebagai alat proses dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat
output dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai
media penyimpan
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Perangkat keras ( Hardware )
·
Alat input
·
Alat proses
·
Alat output
·
Media penyimpan
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi
sebagai alat input.
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi
sebagai alat proses.
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi
sebagai alat output.
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi
sebagai media penyimpan.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok
diskusi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta
didik melihat media tentang perangkat keras
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
F
Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
F Peserta didik mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang pembelajaran
perangkat keras.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik melihat media tentang perangkat keras
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai
alat output.
F
Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai
alat penyimpan
F Peserta didik mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang
pembelajaran perangkat keras.
E. Sumber Belajar
Seperangkat komputer, buku
petunjuk praktek, LKS.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
Ø Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
Ø Mengidentifikasi media penyimpan data.
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah perangkat komputer yang
berfungsi sebagai alat input!
Tunjukkanlah perangkat komputer yang
berfungsi sebagai alat proses!
Tunjukkanlah perangkat komputer yang
berfungsi sebagai alat output!
Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai
media penyimpanan!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK : .........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK : .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 2 (dua)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.2.Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak
program aplikasi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x pertemuan ( 2 x 40 menit )
|
- Tujuan Pembelajaran
Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan
perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah kata dengan tepat.
·
Dihadapkan dengan seperangkat
komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi
bebasis pengolah angka dengan tepat.
·
Dihadapkan dengan seperangkat
komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis
pengolah grafis dengan tepat.
·
Dihadapkan dengan seperangkat
komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi
bebasis pengolah presntasi/multimedia dengan tepat.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
- Materi Pembelajaran
Perangkat lunak aplikasi (Application
Software)
- Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model
Cooperative Learning
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi
pengolah kata
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi
pengolah angka
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melihat
media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata.
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi
pengolah angka.
F
Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak berbasis
program aplikasi pengolah kata dan pengolah angka.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi
pengolah grafis
·
Menanyakan kepada peserta didik
tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi
pengolah presentasi
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melihat
media tentang perangkat lunak berbasis
program aplikasi pengolah grafis.
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi
pengolah presentasi / multimedia.
F
Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang
pembelajaran perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis dan program aplikasi
pengolah presentasi / multimedia.
- Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer,
telepon/ hand-phone, faximile, multi media dll.), buku petunjuk praktek, lembar
kerja, dsb.
- Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah kata
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah angka
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah grafis
Ø Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis
presentasi/multi-media
|
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
Tes praktik (kinerja)
|
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Tunjukkanlah perangkat
lunak program aplikasi berbasis pengolah kata yang terinstal di
komputer!
Tunjukkanlah perangkat
lunak program aplikasi berbasis pengolah angka yang terinstal di
komputer!
Tunjukkanlah perangkat
lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis yang terinstal di
komputer!
Tunjukkanlah perangkat
lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi media yang ter-install di komputer!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK : .........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK : .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 2 (Dua)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Mempraktikkan keterampilan
dasar komputer.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3 Memahami kegunaan dari beberapa program
aplikasi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )
|
A. Tujuan Pembelajaran
·
Disajikan seperangkat komputer di
ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa
contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan
perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata dengan tepat dan benar
·
Disajikan seperangkat komputer di
ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa
contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan
perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka dengan tepat dan benar
·
Disajikan seperangkat komputer di
ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa
contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan
perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis dengan tepat dan
benar
·
Disajikan seperangkat komputer di
ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa
contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan
perangkat lunak program aplikasi presentasi/multimedia
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Kegunaan program aplikasi.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan
CTL Model Cooperative Learning
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan
motivasi :
·
Menanyakan kepada peserta
didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi
berbasis pengolah kata.
·
Menanyakan kepada peserta
didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi
berbasis pengolah angka
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah kata .
F
Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah angka.
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik mendiskusikan hasil tayangan tersebut
F
Mencari informasi di media cetak
(buku, majalah dsb.) tentang kegunaan beberapa program aplikasi pengolah kata
dan program aplikasi pengolah angka.
F Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi
dan komunikasi
Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan kepada peserta
didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi
pengolah grafis.
·
Menanyakan kepada peserta
didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi
pengolah presentasi / multimedia.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah grafis.
F
Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah presentasi
/ multimedia.
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi
pengolah grafis.
F
Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi
pengolah presentasi / multimedia.
F
Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah
grafis pada tampilan monitor.
F
Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah
presentasi / multimedia pada tampilan monitor.
F
Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi
dan komunikasi
E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer,
telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja,
dsb.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah kata
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis
pengolah angka
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan
perangkat lunak program aplikasi
pengolah grafis
Ø Menyebutkan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi/ multimedia
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian/
Uraian
Pilihan ganda
Uraian
|
Sebutkanlah kegunaan program pengolah kata!
Sebutkanlah kegunaan program pengolah angka!
Program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat
poster merupakan program pengolah ....
a.
kata
b.
angka
c.
grafis
d.
presentasi
Sebutkanlah kegunaan program presentasi!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK : .........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK : .............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP/MTs ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
Kelas/ Semester
|
:
|
VII (tujuh)/ 2 (Dua)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.4. Mempraktikkan satu program aplikasi.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x pertemuan (2 x 40 menit)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat
mengidentifikasi menu pada taskbar dengan tepat.
- Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat
mengidentifikasi menu pada desktop dengan tepat.
- Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat
mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar dengan tepat.
- Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat
mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop dengan tepat.
- Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat
mempraktikkan satu program aplikasi.
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Menu dan shortcut program aplikasi.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan kembali pembelajaran
sebelumnya tentang kegunaan program aplikasi.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada desktop dengan tepat.
F
peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada
taskbar dengan tepat.
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik mementuk kelompok
F
Mengidentifikasi menu pada taskbar.
F
Mengidentifikasi menu pada desktop
F
Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar
F
Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop
F
Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
F
Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada taskbar.
F
Mengakhiri penggunaan program
F
Mematikan komputer dengan prosedur yang benar
F Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang
pembelajaran menu dan shortcut program aplikasi.
Pertemuan Kedau
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Menanyakan kembali pembelaaran
sebelumnya tentang mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada
taskbar.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta
didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop dengan
tepat.
F peserta didik dapat mempraktikkan satu
program aplikasi.
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium,
studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F
Peserta didik mementuk kelompok
F
Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
F
Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada desktop.
F
Mengakhiri penggunaan program
F
Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.
F
Mengerjakan lembar kerja.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang
pembelajaran praktik membuka satu program aplikasi melalui menu pada desktop.
- Sumber Belajar
Perangkat komputer
Buku paket
Lembar kerja peserta didik
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ø Mengidentifkasi menu dan shortcut program
aplikasi pada taskbar dan desktop
Ø Mempraktikkan satu program
aplikasi
|
Tes praktik (kinerja)
Tes
Unjuk kerja
|
Tes identifikasi
Tes uji kerja
|
Tunjukkanlah menu dan shortcut program aplikasi pada taksbar dan desktop!
Aktifkanlah salah satu program aplikasi yang terinstall
di komputer!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............
(
.......................................... )
NIP/NIK : .........................
|
............, ……………………. 20 …
Guru Mapel TIK.
(................................................)
NIP/NIK : .............................
|
0 komentar:
Posting Komentar